Samsung Kenalkan Sensor Baru HPX ISOCELL 200 MP

oleh -40 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Raksasa teknologi global Samsung telah meluncurkan ISOCELL HPX, sensor baru 200MP. Seperti dilansir Gadgets360, Minggu (23/10/2022), peluncuran barunya menyusul pengumuman sensor ISOCELL HP3 200MP.

ISOCELL HPX memiliki ukuran piksel 0,56 mikron yang mampu mengurangi luas modul kamera sebesar 20% sehingga menghasilkan bodi smartphone yang lebih tipis dan kecil.

ISOCELL HPX menggunakan teknologi Advanced DTI (Deep Trench Isolation) Samsung, yang tidak hanya memisahkan setiap piksel satu per satu, tetapi juga meningkatkan sensitivitas untuk menangkap gambar yang tajam dan jernih. ISOCELL juga dilengkapi autofokus ultra-cepat dan ultra-presisi berkat solusi autofokus Super QPD-nya.

Selanjutnya sensor baru ini menggunakan teknologi Tetra pixel (16 piksel dalam satu). Perangkat ini dapat memberikan pengalaman yang membantu menangkap lebih banyak cahaya, yang sangat membantu terutama dalam kondisi minim cahaya.

Dalam kondisi seperti itu, HPX dapat secara otomatis beralih di antara tiga mode pencahayaan berbeda berdasarkan cahaya yang tersedia.

Samsung mengatakan ukuran piksel dipertahankan pada 0,56 mikron (m) di lingkungan yang cukup terang, menghasilkan 200 juta piksel. Di sisi lain, piksel diubah menjadi 1,12 mikron (m) di lingkungan dengan cahaya redup, menghasilkan 50 juta piksel.

Selain itu, dalam lingkungan dengan cahaya redup, 16 piksel digabungkan untuk menghasilkan sensor 2,24 mikron (m) dengan 12,5 juta piksel. Menurut Samsung, performa dinamis ini akan memungkinkan ISOCELL HPX menghasilkan gambar setajam mungkin, meski sumber cahaya terbatas.

Selain itu, sensor Samsung ISOCELL HPX dapat merekam video 8K dengan kecepatan 30 frame per detik. Ini mendukung pengambilan gambar HDR ganda yang sama mulusnya dalam mode 4K dan FHD. Sensor Samsung ISOCEL [Gizmochina]

Staggered HDR, menurut Samsung, menangkap bayangan dan sorotan dalam sebuah pemandangan dengan tiga eksposur berbeda: rendah, sedang, dan tinggi, bergantung pada lingkungan pengambilan gambar. Selanjutnya, ketiga foto eksposur akan digabungkan untuk menghasilkan gambar dan video HDR terbaik.

Hal ini juga memungkinkan sensor untuk mereproduksi gambar dalam lebih dari 4 triliun warna (kedalaman warna 14-bit), yang 64 kali lebih banyak dari 68 miliar warna pendahulunya Samsung (kedalaman warna 12-bit).

Namun, Samsung belum mengumumkan detail mengenai ketersediaan sensor baru tersebut. Namun Samsung diharapkan segera memberikan informasi resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *