Sebelum Membeli Skincare, Pertimbangkan 3 Hal Ini Agar Tak Lapar Mata

oleh

INFO KUTIM – Bu Teman membeli sesuatu dengan mata lapar tidak dianjurkan, termasuk saat membeli perawatan kulit.

Membeli skincare tak bisa dilakukan sembarangan sebab selain boros, sembarangan membeli justru bisa membahayakan kulitmu.

Pasalnya setiap jenis kulit memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda-beda, sehingga berbeda pula produk yang perlu digunakan.

Kawan Puan perlu menghindari sikap lapar mata ini, apalagi saat ini ada banyak sekali produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran, baik itu produk dari brand lokal maupun luar negeri.

Lantas, bagaimana cara agar lebih bijak saat akan membeli skincare?

Menurut dr. Claudia Christin, Medical Innovation Expert BeautyHaul Indonesiaberikut tiga hal paling penting yang harus diperhatikan untuk menemukan produk skincare yang tepat untuk kulitmu.

1. Kenali jenis kulit Anda

Mengetahui setiap jenis kulit adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum membeli produk perawatan kulit.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Kandungan Skincare yang Paling Diminati, Apa Itu Mugwort?

Hal ini dikarenakan setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

Misalnya saja kulit kering yang membutuhkan lebih banyak hidrasi, sedangkan kulit berminyak membutuhkan produk yang bisa mengontrol sebum.

“Pertama, harus tahu jenis kulitnya apa. Berminyak, kering, atau kombinasi?,” ujar dr. Claudia Christin saat diwawancarai pada Kamis (28/4/2022).

“Kalau misalnya berminyak, pakainya yang lightweight saja, enggak perlu yang terlalu berat tekstur krimnya, juga enggak perlu berlapis-lapis,” lanjutnya.

2. Kenali masalah kulit yang terjadi

Mengetahui jenis kulit saja tidak cukup untuk membantumu menemukan produk skincare yang tepat.

Kawan Puan juga harus mengetahui permasalahan kulitmu agar kamu bisa memilih skincare yang memang bisa mengatasi masalah tersebut.

“Lalu, setelah kita tahu apa jenis kulit kita, kita perlu tahu juga skin concern utama kita apa. Apakah pori-pori tersumbat, jerawat, kulit kusam, hiperpigmentasi, atau fine lines,” terang dr. Claudia.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Ini Pentingnya Pakai Sleeping Mask dalam Skincare Routine

Ia juga menjelaskan bahwa mengetahui permasalahan kulit bisa membantumu dalam memilih kandungan skincare serta produk yang dibutuhkan, misalnya saja serum.

“Untuk skin concern, ini bisa membantu kita dalam memilih serum dengan bahan aktif yang sesuai dengan permasalahan kulit kita,” ungkapnya.

“Jangan sampai permasalahan kulitnya jerawat, tapi yang kita cari hanya hydration saja,” tambah dr. Claudia lagi.

3. Siapkan budget khusus

Ketika sudah mengetahui dua hal di atas dan memahami kandungan serta produk yang cocok untuk kulitmu, maka selanjutnya kamu bisa menyesuaikan anggaran untuk membeli produknya.

Membeli skincare tak melulu harus yang mahal, sebab produk yang harganya terjangkau pun sudah banyak yang tak kalah bagus dan efektif untuk mengatasi permasalahan kulit.

“Karena skincare itu enggak harus selalu yang paling mahal itu yang paling baik. Banyak juga sekarang skincare yang affordable, kalau sesuai dengan kebutuhan kulit kita, maka itu bagus untuk kulit kita,” ujarnya menekankan.

Nah itulah berbagai pertimbangan sebelum membeli skincare menurut dokter spesialis kulit.

Jadi tak perlu lapar mata lagi ya agar tidak boros dan tidak membahayakan kulitmu sendiri! (*)

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Water Based Skincare yang Punya Manfaat Bagus untuk Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.