Seberapa Berbahayakah Penyakit Cacar Monyet? Begini Penjelasan Ahli

oleh

SAN FRANCISCO – Virus cacar monyet atau monkeypox yang biasanya ditemukan di Afrika Tengah dan Barat kini telah menyebar ke belasan negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Korban berjatuhan akibat wabah tersebut saat ini bahkan telah mencapai ratusan orang di seluruh dunia.

Temuan ini tentu saja memicu lebih banyak kekhawatiran masyarakat terkait infeksi, setelah pandemi virus corona (Covid-19) yang masih cukup aktif.

Monkeypox terkadang dapat bersifat mematikan, terutama di tempat-tempat kumuh dengan perawatan kesehatan yang tidak memadai, dan terkait erat dengan cacar yang menjangkiti manusia selama ribuan tahun lalu.

Penyakit cacar sendiri selama ini diberantas karena kampanye vaksinasi yang digencarkan di seluruh dunia.

Di AS, program vaksinasi massal berakhir pada 1972, namun vaksin ini tetap disimpan.

Dikutip dari laman www.ucsf.edu, Jumat (27/5/2022), Monkeypox telah dikenal sejak akhir 1950-an, terlepas dari namanya, reservoir alaminya adalah hewan pengerat.

Virus ini paling sering menyebar diantara manusia melalui kontak dengan lesi penyakit, atau melalui tetesan pernafasan yang dihembuskan selama kontak erat yang lama.

Perjalanan udara dari Afrika pun diyakini telah memicu wabah tersebut dan pelacakan kontak saat ini sedang berlangsung.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu ini, para pejabat kesehatan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS berfokus pada penyebaran virus diantara pria yang berhubungan seks dengan sesama jenis.

Menurut mereka, faktor ini tampaknya bertanggung jawab atas sebagian besar kasus wabah yang terjadi saat ini.

Asisten Profesor Kedokteran di UC San Francisco, Seth Blumberg, MD, PhD, mengatakan bahwa Monkeypox adalah salah satu penyakit yang dipelajarinya.

Blumberg merupakan Spesialis Klinis dalam Penyakit Menular, serta Ilmuwan Komputasi yang mempelajari kemunculan dan penghapusan penyakit di tingkat populasi.

Lalu apa persamaan dan perbedaan antara Monkeypox dan Smallpox?

Monkeypox dan Smallpox berada di kelas virus yang sama, keduanya berbagi kekebalan silang, ini mengindikasikan bahwa perlindungan terhadap yang satu memberikan perlindungan terhadap yang lain.

Secara khusus, vaksinasi yang dikembangkan untuk melindungi tubuh dari cacar, melindungi pula dari Monkexpox.

Sementara itu, ada tumpang tindih dalam gejala klinisnya, karena keduanya berhubungan dengan gejala seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, dan ruam vesikular.

Gejala lainnya adalah ruam dengan lepuh kecil yang dapat menyebar ke mana saja pada bagian tubuh dan yang mudah dikacaukan dengan cacar air.

“Sedangkan perbedaan terbesarnya adalah bahwa Monkeypox jauh lebih tidak merusak dan mematikan dibandingkan cacar. Khususnya jenis Monkeypox Afrika Barat yang beredar saat ini kurang patogen dibandingkan jenis yang ditemukan di Afrika Tengah,” kata Prof Blumberg.

Apakah Monkeypox kini semakin meluas?

UCSF telah melihat peningkatan kasus Monkeypox dalam beberapa tahun terakhir di kawasan Afrika.

Peningkatan ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, yang tidak hanya mempengaruhi penularan dari hewan ke manusia, namun juga dari manusia ke manusia.

“Salah satu faktor kuncinya adalah orang-orang saat ini tidak lagi divaksinasi cacar, sehingga sebagian diantara mereka telah kehilangan kekebalan dalam populasi. Sementara vaksinasi rutin untuk cacar di AS pun telah berakhir pada 1972,” jelas Prof Blumberg.

Lalu berapa banyak perlindungan dari Monkeypox yang dimiliki orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi?

Saat ini masyarakat tidak terlindungi seperti pada 50 tahun lalu, ketika vaksinasi cacar menjadi hal yang sangat umum.

“Masyarakat tidak akan benar-benar tahu berapa banyak kekebalan populasi yang tersisa, karena Monkeypox tidak menimbulkan banyak beban penyakit untuk mengukur perlindungan,” tutur Prof Blumberg.

Lalu bagaimana vaksin yang dikembangkan lebih dari setengah abad lalu untuk melawan cacar masih efektif dalam melawan cacar monyet saat ini, sementara vaksin Covid-19 yang baru dikembangkan setahun lalu saja sudah perlu diperbaharui?

Prof Blumberg menjelaskan bahwa virus memiliki kemampuan luar biasa untuk berubah seiring waktu, dengan bermutasi secara genetik.

Namun tingkat perubahannya berbeda untuk tiap virus.

“Gen pada virus Monkeypox dikodekan oleh DNA, sedangkan gen pada SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19 dikodekan oleh RNA,” papar Prof Blumberg.

Virus RNA, kata dia, termasuk virus SARS-CoV-2, cenderung bermutasi lebih cepat dibandingkan virus DNA, seperti Monkeypox.

“Karena itu, umumnya lebih sulit menemukan vaksin yang tetap efektif dalam waktu yang lama untuk melawan virus RNA dibandingkan dengan virus DNA,” pungkas Prof Blumberg.

Gempar Cacar Monyet Mewabah Apa Gejala Seberapa Bahaya
Gempar cacar monyet mewabah apa gejala seberapa bahaya sef cnbc indonesia news 23 may 2022 06 33 telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari lodja

Cacar Monyet Gejala Penyebab Dan Mengobati Alodokter
5 hari yang lalu cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara

Inggris Laporkan Kasus Langka Cacar Monyet Seberapa Bahaya
Cacar monyet diyakini sebagai infeksi virus langka terkait dengan cacar perlukah dunia waswas soal penyakit tersebut ukhsa menyebut pasien

Mengetahui Fakta Fakta Cacar Monyet Yang Saat Ini Sedang
7 hari yang lalu para ilmuwan sedang mencoba memahami mengapa cacar monyet menyebar di luar afrika gejala cacar monyet seberapa bahaya cacar monyet

58 Kematian Dilaporkan Ketahui Bahaya Cacar Monyet
6 hari yang lalu penyakit itu ditularkan melalui kontak yang sangat erat dengan si penderita dan kebanyakan dari mereka sembuh dalam hitungan minggu sedangkan

Apa Itu Cacar Monyet Seberapa Berbahaya Dan Mengapa Bbc
Kasus kasus penyakit ini di negara lain sering dikaitkan dengan perjalanan pasien ke wilayah afrika cacar monyet adalah infeksi virus langka

Seberapa Berbahayakah Penyakit Cacar Monyet Begini
1 hari yang lalu virus cacar monyet atau monkeypox yang biasanya ditemukan di afrika tengah dan barat kini telah menyebar ke belasan negara

Penyakit Cacar Monyet Gejala Virus Dan Pengobatan Ciputra
Virus cacar monyet adalah monkeypox anggota genus orthopoxvirus dalam famili poxviridae baca juga cara menghilangkan kurap begini caranya

Mengenal Cacar Monyet Wabah Baru Yang Ada Di Inggris Berita
3 hari yang lalu beritasukoharjo com cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan virus cacar

Virus Cacar Monyet Merebak Apa Penyebabnya Detikhealth
Sepanjang sejarah hanya sedikit kasus penyakit cacar monyet dari luar inggris laporkan kasus langka cacar monyet seberapa bahaya

Terbaru Seberapa Berbahayakah Penyakit Cacar Monyet
Terbaru seberapa berbahayakah penyakit cacar monyet begini penjelasan ahli may 27 2022 by admin laporan wartawan tribunnews fitri wulandari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.