Sejarah Ponsel Samsung: Dari HP Pertama, Inovasi Layar Lipat, hingga Adopsi AI

oleh -26 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Samsung akan segera merilis seri Galaxy S24 dan diumumkan akan didukung oleh kecerdasan buatan (AI), Galaxy AI.

Di industri teknologi, Samsung sendiri sangat terkenal menawarkan berbagai inovasi pada perangkat ponselnya. Yang terbaru dalam beberapa tahun terakhir adalah ponsel layar lipat.

General Manager MX Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan bahwa mereka berencana membawa teknologi ponsel pintar melampaui apa yang diharapkan untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang mengesankan.

“Salah satunya dengan menjawab tantangan perkembangan zaman, kami membawa penerimaan terhadap tren AI yang sedang diminati saat ini melalui terobosan Galaxy AI,” kata Werry dalam siaran pers, Senin (8/8). . 1/2024).

Kilas balik 30 tahun lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini merilis ponsel pertamanya, SH-100, pada tahun 1988.

SH-100 merupakan ponsel pertama yang diproduksi di Korea Selatan, sebelum Olimpiade Seoul 1988. Perangkat ini memiliki desain berbentuk persegi panjang dengan dimensi 11x45x5 cm, dengan antena di atasnya.

Pada tahun 1994, Samsung juga merilis ponsel bermerek Anycall dengan kode SH-770, yang dikatakan sebagai ponsel terlaris di Korea Selatan dua tahun setelah diluncurkan.

Kemudian pada tahun 1998, SCH-800 dirilis untuk mengirim dan membaca Short Message Service (SMS). Inovasi besar yang diklaim Samsung adalah seri Galaxy S pertama yang dirilis pada tahun 2010.

Ponsel Samsung menggunakan layar Super AMOLED tipis yang menawarkan gambar lebih tajam dan jelas. Inovasi layar ini berukuran empat hingga lima inci lebih besar dibandingkan ponsel lain saat itu.

Pada tahun 2011, Samsung memperkenalkan Galaxy Note di acara IFA. Perangkat ini menggabungkan ponsel konvensional dan tablet berukuran besar dalam satu perangkat. Galaxy Note juga hadir dengan keunggulan tampilan imersif dengan layar AMOLED.

Samsung juga memasuki era smartphone lipat pada tahun 2019 dengan memperkenalkan seri Galaxy Z yang hingga kini telah bertahan selama lima generasi.

Untuk ponsel lipat, Samsung menggunakan teknologi Hideaway Hinge di Galaxy Z Flip. Engsel lipat seluler mungkin tidak kuat bila dilipat atau dibuka pada berbagai sudut.

Samsung juga menawarkan fitur Flex Mode yang memungkinkan Anda membuat konten, menonton video, atau melakukan panggilan konferensi di mana saja.

Kemudian pada tahun 2024, Samsung juga menjanjikan kehadiran Galaxy AI. Seperti yang Anda ketahui, AI kreatif telah menjadi salah satu tren teknologi terpanas belakangan ini. Mereka juga mengatakan bahwa ada banyak potensi penggunaan AI dari waktu ke waktu, yang mendorong mereka untuk meluncurkan Galaxy AI.

Melalui Galaxy AI, Samsung akan memperkenalkan AI Live Translate Call yang dapat digunakan untuk menerjemahkan audio dan teks secara real-time saat pengguna sedang melakukan panggilan.

Fitur ini diterapkan langsung di ponsel pengguna sehingga menghilangkan kerumitan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Samsung sendiri akan meluncurkan seri Galaxy S24, dengan jadwal peluncuran 17 Januari 2024 melalui acara Galaxy Unpacked 2024.

Menurut rumor yang beredar saat ini, Samsung akan meluncurkan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra di acara tahunan tersebut.

Seperti tahun lalu, perusahaan asal Korea tersebut langsung membuka sesi pre-order Samsung Galaxy S24 series di San Jose, Amerika Serikat.

Bagi para penggemar Samsung di Indonesia, Anda juga bisa melakukan pre-order seri Galaxy S24 langsung dari Galaxy Unpacked 2024 pada 18 Januari pukul 01:00 WIB.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Samsung Indonesia, konsumen yang melakukan pre-order seri Galaxy S24 berhak mendapatkan reward eksklusif.

Tak hanya itu, perusahaan juga akan memberikan perlindungan Samsung Care+ selama satu tahun kepada konsumen yang melakukan pre-book HP Samsung terbaru.

Sebelumnya, Samsung menyatakan sedang mengintegrasikan teknologi generasi AI ke dalam lini ponsel terbarunya. Seri Galaxy S24 diyakini akan menjadi ponsel AI atau ponsel AI pertama di dunia berdasarkan merek yang diperkenalkan oleh Samsung.

Leaker Evan Blass telah membagikan materi spesifikasi lengkap seri Galaxy S24, seperti ukuran layar, kamera, dan kapasitas baterai.

Berdasarkan bocoran materi spesifikasi, Galaxy S24 hadir dengan layar berukuran 6,2 inci dengan panel dinamis AMOLED 2X, resolusi FHD+, dan kecepatan refresh 120Hz.

Sementara untuk Galaxy S24 Plus, Samsung menambah ukuran layar smartphone tersebut menjadi 6,7 inci (sebelumnya 6,6 inci) dan beresolusi QHD+. Sementara di jajaran paling premiumnya, Galaxy S24 Ultra akan memiliki layar berukuran 6,8 inci.

Di sisi kamera, Galaxy S24 dan S24 Plus akan menggunakan kamera utama 50MP yang didukung lensa telefoto 3x. Tercatat kamera utama ponsel Android ini punya kemampuan merekam video 8K.

Sedangkan untuk Galaxy S24 Ultra, smartphone ini menggunakan kamera 200MP yang dipadukan dengan telefoto 3x dan 10x.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *