Sinkronisasi Pelaksanaan Bazar UMKM Roadshow 2023, Diskop UKM Kutim Gelar Rapat Persiapan

oleh -66 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA – Roadshow Promosi UMKM yang akan di gelar pada 18 titik di beberapa kecamatan di Kutai Timur (Kutim) tujuannya adalah untuk meningkatkan promosi usaha atau produk-produk UMKM lokal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kutim Darsafani usai rapat persiapan Event Bazar UMKM Roadshow 2023 di Aula Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Selasa (28/2/2023).

Rapat persiapan Event Bazar UMKM Roadshow 2023 ini turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Suriansyah, Ketua TP PKK Kutim sekaligus Ketua Dekranasda Kutim Hj Siti Robiah dan perwakilan Perangkat Daerah lainnya.

Dalam promosi UMKM ini, Darsafani menyebut akan berkolaborasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Disperindag dan lainnya, bahkan TP PKK Kutim dan Dekranasda Kutim juga turut di libatkan di event ini termasuk bekerjasama dengan GENPRO dan ASPAL.

“Hasil kolaborasi ini diharapkan dapat menampilkan, mempromosikan maupun membantu usaha mikro kecil yang memiliki keterkaitan dengan Perangkat Daerah,” ujarnya.

Selanjutnya Darsafani mengatakan, hasil rangkaian promosi bazar UMKM yang dilaksanakan di 18 titik di tahun 2023 ini endingnya akan dilakukan Forum Diskusi Daerah bersama Kepala Daerah dan Konsultan.

“Jadi hasilnya nanti akan di evaluasi tentang apa yang menjadi kewajiban pemerintah dan apa yang menjadi kewajiban Dinas Koperasi itu sendiri untuk membackup dan mendorong pelaku usaha mikro untuk lebih maju lagi,” beber Darsafani.

Sebelumnya Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi UKM Kutim, Pasombaran mengatakan sasaran yang ingin di capai pelaksanaan kegiatan ini adalah para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Kutim.

“Kegiatan ini juga melibatkan beberapa pihak termasuk konsultan pendamping yaitu GENPRO yang melakukan pendampingan kepada pelaku usaha bersamaan dengan kegiatan bazar,” kata ia.

Untuk acara pembukaan kegiatan Event Bazar UMKM Roadshow ini rencananya bulan Maret 2023 di Town Hall Swarga Bara Sangatta Utara yang melibatkan UMKM yang bergerak di makanan, kerajinan, Pedagang dan kelontongan, Fashion serta UMKM yang bergerak di jasa layanan, transportasi maupun otomotif yang ada di Kutim.

“Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan wadah agar mereka bisa tetap melaksanakan kegiatan usahanya dan terbedayakan oleh Pemkab Kutim,” kata ia.

Terakhir Pasombaran mengatakan rapat persiapan ini merupakan koordinasi dan sinkronisasi antara Perangkat Daerah terkait, TP PKK dan Dekranasda untuk bersinergi dalam mensukseskan Event Bazar UMKM Roadshow 2023. (G-S02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *