Stres dan Cemas Melanda Selama Liburan, Bagaimana Cara Meredakannya?

oleh -77 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Musim liburan diharapkan bisa menjadi momen menyenangkan untuk bersantai atau berkumpul bersama orang-orang tercinta. Namun, musim liburan bisa sangat melelahkan, menegangkan, dan membuat cemas.

Psikolog John Hunt, yang menjalankan praktik swasta di High River, Kanada, mengatakan hal ini normal. Bahkan, ia menyarankan siapa pun yang merasa cemas dan stres saat liburan untuk menghindari atau menekan perasaan tersebut.

“Ketika kita menyebutkan suatu perasaan dan mengakuinya, hal itu dapat membantu kita mengatasinya, bukan terjerumus ke dalamnya,” kata Hunt, seperti dikutip laman CBC News, Rabu (27/12/2023).

Hunt mengatakan ada berbagai cara untuk mengatasi emosi tertentu. Untuk mengatasi kecemasan yang muncul akibat perasaan terisolasi atau kesepian, cobalah mencari koneksi dengan orang yang Anda percaya.

Sementara untuk mengatasi kecemasan saat menghadapi anggota keluarga yang “sulit” atau interaksi yang tidak nyaman dengan orang tertentu, ia menyarankan ada cara lain. Ingatkan diri Anda bahwa momen ini hanya sementara dan tidak akan bertahan selamanya.

Seringkali, ketika orang lain melontarkan komentar tajam dalam suatu percakapan, kita menerimanya. Pola pikir ini perlu diubah, kata Hunt. Karena komentar sarkastik tidak selalu ditujukan kepada kita atau ada yang salah dengan diri kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *