Telegram Rilis Fitur Baru di Pergantian Tahun 2024, Ada Efek Thanos Saat Hapus Chat

oleh -121 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Aplikasi perpesanan Telegram telah merilis sejumlah fitur baru pada tahun 2023 hingga 2024.

Beberapa fitur baru Telegram mulai dari penyempurnaan percakapan dengan desain warna baru, efek Thanos saat menghapus pesan, hingga pembaruan bot. Sementara itu, fitur-fitur tersebut baru-baru ini diperkenalkan pada pembaruan kesepuluh untuk Telegram.

Fitur pertama yang dirilis di Telegram adalah Enhanced Calls.

Dalam pembaruan ini, perusahaan mendesain ulang sepenuhnya fitur panggilan, dengan animasi baru dan latar belakang yang berubah secara dinamis tergantung pada status panggilan: panggilan, aktif atau berakhir.

Pembaruan aplikasi Telegram ini membutuhkan daya yang lebih kecil dibandingkan sebelumnya, sehingga perangkat lebih hemat baterai dan dapat berjalan lebih lancar di perangkat lama.

Dikutip dari situs resminya, Telegram juga telah memperbaiki ratusan bug dan error pada antarmuka, serta menambahkan sejumlah perbaikan pada kualitas panggilan. Platform tersebut juga mengungkapkan bahwa akan ada peningkatan lain pada konektivitas dan kualitas suara pada tahun 2024.

Fitur unik lainnya adalah efek Thanos Snap saat pengguna menghapus pesan. Sebelumnya, Telegram menerapkan animasi menguap jenis ini di perangkat iOS pada November 2023 untuk pesan yang terhapus secara otomatis.

Animasi ini kini tersedia untuk perangkat iOS dan Android dan akan muncul saat pengguna menghapus pesan. Fitur ini juga diklaim menghemat energi.

Telegram juga mengatakan ini adalah pembaruan bot terbesar di platformnya. Di antara lusinan fitur baru, bot kini dapat bereaksi terhadap pesan; mengelola reaksi, kutipan, dan tautan; dan mengirim balasan ke obrolan atau thread lainnya.

Dengan pembaruan Telegram ini, bot juga dapat menerima informasi tentang hadiah dan peningkatan di saluran jika bot ditetapkan sebagai admin.

Telegram juga memberikan fitur-fitur baru dan lebih baik bagi penggunanya. Dan beberapa item yang diluncurkan hanya tersedia untuk pengguna Telegram Premium.

Merujuk pada Gadgets 360 pada Jumat (3/11/2023), pembaruan tersebut mencakup beberapa perubahan inovatif pada fungsi jawaban utama. Dengan pembaruan ini, pengguna juga dapat memformat kutipan dan menyesuaikan pratinjau tautan.

Telegram Stories juga menerima beberapa perbaikan kecil dengan dirilisnya versi terbaru. Bagi sebagian pengguna, Telegram memungkinkan penyesuaian warna akun, termasuk saluran di atas level tertentu.

Sebelumnya, Telegram juga memperkenalkan stiker reaksi dan mode kamera ganda. Telegram juga mengonfirmasi pengerjaan pembaruan berikutnya di postingan blognya.

Dengan fitur baru di Telegram ini, pengguna dapat mengutip bagian tertentu dari sebuah pesan dan membalasnya. Jadi jawabannya akan lebih tepat.

Untuk melakukan ini, pengguna perlu mengetuk pesan lalu ketuk dan tahan dan pilih teks yang diinginkan dan opsi Kutipan.

Pengguna juga dapat memilih untuk membalas pesan dari satu obrolan ke obrolan lainnya – baik melalui pesan langsung atau dalam obrolan grup atau saluran relevan lainnya.

Pengguna dapat memilih pesan yang ingin dibalas, lalu membalas di chat lain dan memilih chat yang sesuai. Jika pemirsa/penerima memiliki akses, mereka dapat membuka pesan di obrolan asli dengan mengklik balasan.

Selain mengutip sebagian teks, pengguna dapat memformat kutipan apa pun. Misalnya, huruf tebal, miring, dll., pesan yang dipilih atau bagian pesan untuk dikutip. Pengguna dapat menambahkan beberapa kutipan ke balasan secara bersamaan.

Saat membagikan tautan, Telegram kini menawarkan otonomi tambahan kepada pengguna untuk menyesuaikan pratinjau tautan sesuai keinginan.

Pengguna dapat mengubah ukuran gambar kecil, memilih apakah akan menampilkan pratinjau di atas atau di bawah pesan, dan memilih tautan mana yang akan ditampilkan jika mereka menambahkan lebih dari satu tautan ke sebuah pesan.

Pengguna dapat mengetuk di mana saja di bagian pratinjau untuk membuka tautan.

Selain itu, di bagian Telegram Stories, pengguna dapat mempercepat dan memundurkan cerita video dengan menahan layar lalu menggeser ke kiri atau kanan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur flash depan dan menyesuaikan kehangatan dan intensitasnya untuk setiap foto atau video yang mereka pilih untuk diambil dari segmen Story.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *