Teliti Permukiman Kumuh di Jakarta, Unika Atma Jaya Gelar Sidang Terbuka Program Doktor Psikologi

oleh -33 Dilihat
oleh

Jakarta – Sejak awal tahun 2024, Universitas Katolik Indonesia (Unica) Atma Jaya telah menyelenggarakan sidang terbuka bagi program PhD Psikologi angkatan pertama yaitu Dr Rahmanto Kusendi. pesisir Jakarta.

Dr Rahmanto Kusendi melakukan penelitian dan menulis tesis tentang “Pengaruh modal sosial dan dukungan sosial yang dimediasi oleh niat terhadap perilaku pro lingkungan pada warga permukiman kumuh padat di pesisir utara Jakarta.”

Permukiman kumuh di pesisir utara Jakarta menjadi fokus penelitian. Hal ini ditandai dengan kepadatan bangunan yang sangat tinggi pada areal yang terbatas. Dan terdapat permasalahan lingkungan yang mempengaruhi kualitas penghuninya.

“Tidak ada lingkungan kumuh. Namun ada perilaku di kawasan kumuh yang merugikan lingkungan,” jelas Dr. Rahmanto Kusendi dalam tesisnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/1/2024).

Baca selengkapnya: 10 Jurusan Akademik Internasional dan Akreditasi Telkom University

Ia juga menegaskan, keberadaan lingkungan kumuh merupakan dampak dari perilaku kumuh yang dijalankan masyarakat. Oleh karena itu, intervensi perilaku penting sebagai bagian dari penelitian disertasinya.

Hal ini merupakan bagian dari proyek perilaku pro-lingkungan bagi warga kawasan kumuh padat penduduk di pesisir utara Jakarta.

Penelitian ini dapat memberikan informasi dasar bagi pengambil keputusan. Terutama pemerintah sebagai pengendali kebijakan perkotaan. serta partisipasi LSM dan masyarakat.

Manfaat penelitian permukiman kumuh perkotaan secara umum Khususnya di pesisir utara Jakarta. adalah untuk berkontribusi pada model perilaku teoretis terkini yang mengarah pada masih adanya permukiman kumuh. bersama dengan pendekatan psikologis dan teori ilmiah lainnya. terkait Menerima usulan kebijakan bagi pemangku kepentingan

“Nyatanya Pengelolaan kawasan kumuh terus fokus pada intervensi fisik untuk memperbaiki bangunan, lingkungan, dan infrastruktur. Ini mengabaikan faktor sosial dan psikologis dari perilaku manusia. kemampuan ekonomi kebiasaan hidup Dan budaya hidup warga “kota” ini menjadi salah satu faktor kelangsungan permukiman kumuh,” tambah Rahmanto Kusendi.

Baca selengkapnya: Lihat perbandingan jurusan Teknik Informatika ITS dan ITB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *