Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Formasi Berubah, Starter Ada yang Diganti?

oleh -74 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Timnas Indonesia akan melakoni laga pembuka Piala Asia 2023 melawan Irak pada Senin (15 Januari 2024) pukul 21.30 WIB di Stadion Ahmed Bin Ali Qatar. Seperti kita ketahui bersama, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Indonesia kemudian menghadapi Irak pada laga ulangan Kualifikasi Piala Dunia 2026 November lalu. Pada laga yang digelar di Basra, Timnas Indonesia kalah dari tim Irak dengan skor 1-5.

Hampir dua bulan setelah laga, Timnas Indonesia berusaha memperbaiki hasil. Indonesia bersiap menghadapi Piala Asia 2023 dengan bermain imbang 1-1 dengan Filipina pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia gagal meraih hasil memuaskan dalam tiga laga kualifikasi. Pelatih kepala tim nasional Eagles Shin Tae-yong telah banyak bereksperimen dengan apa yang disebut formasi menyerang 3-4-3.

Akankah Shin Tae-yong mengubah susunan pemainnya untuk pertandingan pertama melawan Irak? Apakah ada pemain pengganti?

INFOKUTIM.COM memperkirakan struktur dan pemain juga akan berubah. Shin Tae-yong menekankan pertahanan dalam komentar terbarunya dan menyatakan siap mengandalkan serangan balik di Piala Asia 2023.

Shin Tae Yeon biasanya menggunakan bentuk yang lebih bertahan ketika menghadapi lawan yang kuat. Itu terjadi saat melawan Iran dan bahkan melawan Vietnam di Piala Afrika.

Untuk kedua kalinya melawan Irak, formasi 5-3-2 kemungkinan akan kembali digunakan. Yang penting formasi ini memperkuat pertahanan, namun tugas pemain bertahan jauh lebih berat karena pergerakannya harus menjauhi pemain bertahan.

“Kedepannya lawan akan lebih menguasai bola. Jadi kami akan berlatih menghadapi situasi ini agar pemain bisa mencari celah untuk melakukan serangan balik dan menciptakan peluang bagus,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi usai skor 5-0. kerugian bagi Iran. diungkapkan dengan

Timnas Indonesia bermain sangat “bebas” di tiga laga uji coba tersebut. Timnas Indonesia hanya mencetak 1 gol dan kebobolan 11 gol dalam tiga pertandingan.

Soal pergantian pemain, Shin Tae-yong kini punya kekuatan ekstra seiring dengan masa pemulihan Asnavi Mangkwram dari cedera. Dari segi formasi bertahan, Asnavi bisa menggantikan Jakob Sayuri.

Masalahnya, pemain bertahan PSM Makassar lebih bermain menyerang ketimbang bertahan. Dan Asnavi, meski melakukan kesalahan, terbukti menjadi pemain bertahan yang hebat.

“Asnavi memang pernah mengalami masalah pada ototnya sebelumnya, sehingga fokusnya selalu pada pemulihan. Dia hanya bermain 20-30 menit untuk memeriksa kondisi Asnavi,” kata Shin Tae-yong.

Jadi Asnavi tidak bisa menjadi kapten di awal pertandingan, jadi wakil kapten Jordi yang menjadi kapten hari ini.

Selain Asnavi, Mark Kroc juga bisa kembali ke lini tengah. Pergantian tersebut bisa saja memindahkan Justin Hubner ke lini belakang dan menggantikan Rizky Rideau di lini belakang.

Timnas Indonesia diperkirakan akan menggunakan formasi 5-3-2 dan berubah menjadi 3-5-2 dalam menyerang. Berikut adalah daftar yang disarankan:

Kiper: Hernando Ali

Bek: Asnavi Mangkwalam, Rizky Rideau, Jodi Amat, Erkan Baggot, Pratama Arhan

Tengah: Ivar Jenner, Marcelino, Justin Hubner/Mark Klock

Barisan depan: Vitan/Ramadan Sananta, Raphael Struck

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *