Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat, Diskominfo Perstik Kutim Gelar Pelatihan Bagi Operator Inputing Portal Satu Data

oleh -37 Dilihat
oleh
Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat, Diskominfo Perstik Kutim Gelar Pelatihan Bagi Operator Inputing Portal Satu Data

INFOKUTIM.COM

Info Kutim –  pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandingan Statistik (Diskominfo Perstik) menggelar Pelatihan CKAN Operator Input Portal Satu Data, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait keterbukaan informasi publik.

Acara di jadwalkan berlangsung selama dua hari dengan sasaran seluruh Perangkat Daerah (PD) ini dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di di Hotel Royal Victoria Sangatta Utara. Pada Rabu (30/11/2022).

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman mengatakan, data menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembangunan, sehingga memerlukan perhatian secara khusus bagi setiap pemangku kebijakan agar bisa menyajikan secara tepat dan akurat.

“Berkaca pada pengalaman, kita (Pemkab Kutim) mendapatkan surat dari Ombudsman. Perkara adanya masyarakat yang menginginkan data namun tidak tersedia,” ungkapnya Sebelum acara.

Dengan adanya pelatihan ini, sambung Ardiansyah, diharapkan menjadi perhatian dan bisa segera diimplementasikan di tiap PD, karena menjadi kewajiban yang yang harus dilaksanakan.

“Hal itu menjadi salah satu komitmen untuk mendukung program satu data nasional yang sudah di amanatkan di dalam undang-undang,” pungkasnya.

Sebelumnya Sekretaris Diskominfo Perstiksatu Kutim Rony Bonar H Siburian menjelaskan, portal satu data Kabupaten Kutim sudah terbangun dan terintegrasi sejak tahun 2029 lalu, namun, masih ada kekurangan yang hingga saat ini terus diupayakan untuk perbaikan.

“Lewat pelatihan ini diharapkan menjadi kunci mensukseskan transportasi digital, dan menjadi penyokong pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan pemerintah Kabupaten Kutim, ” ujarnya.

Untuk diketahui, Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari, dengan narasumber kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kutim Ahmad Junaedi serta Acok Wahyudi dari Beesoft Research dan Technology Samarinda. (ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *