Tips Bangun Lebih Awal Meski Tidur Hingga Larut Malam

oleh -27 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Tuntutan pekerjaan kantor atau kesibukan rumah tangga seringkali mengharuskan sebagian orang untuk tidur larut malam. Bahkan, mereka harus bangun pagi keesokan harinya untuk mengabdi, bekerja, atau mengikuti aktivitas lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan kurang tidur, sulit bangun meskipun jam alarm berulang kali, dan kelelahan fisik. Barton Scott, ahli gizi dan pendiri perusahaan suplemen tidur Upgraded Formulas, mengatakan bahwa penyebab terbesar sulit bangun di pagi hari adalah bangun terlambat.

“Gagasan begadang di malam hari tidak sinkron dengan ritme sirkadian normal tubuh. Hal ini bisa disebut pergeseran kronometrik, dan ketidakselarasan ini menyebabkan kesulitan tidur, tertidur lebih awal dari yang diharapkan, dan tertidur di siang hari. hari ini,” kata Scott.

Ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan sulit tertidur, seperti tidur siang yang terlalu lama, tidur siang yang terlalu larut di penghujung sore, konsumsi kafein di sore hari atau makanan “berat” atau minum minuman beralkohol selama beberapa menit. satu jam sebelum tidur. Akses perangkat sebelum tidur atau suhu ruangan yang salah juga mempengaruhi hal ini.

Baca Juga, Rasulullah Anjurkan Jangan Tidur Usai Sholat Subuh, Ini Manfaatnya

Faktor lain, mungkin yang terbesar, adalah bahwa beberapa orang mungkin bukan orang yang suka bangun pagi atau bangun pagi-pagi secara alami. Namun, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda bangun lebih awal dan bersiap memulai hari, seperti berikut ini, dilansir CNET, Selasa (26/12/2023).

1. Sesuaikan alarm

Pasang alarm di ponsel atau jam weker agar Anda bisa bangun di pagi hari. Jika Anda hanya ingin bangun pagi, setel alarm 15 menit lebih awal dari yang Anda inginkan. Lakukan ini setiap beberapa hari dan lanjutkan hingga Anda mencapai waktu bangun ideal.

2. Hindari tidur siang

Jika memungkinkan, hindari tidur siang. Namun, jika tidak memungkinkan, tidur siang sebaiknya tidak terlalu lama. Hal ini sebaiknya dilakukan agar Anda tidak kesulitan tidur di malam hari dan semakin sulit baginya untuk bangun keesokan harinya.

Lanjutkan ke halaman berikutnya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *