Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Gratis, Kecepatan Dibatasi 40 Km per Jam

oleh -65 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – PT Jasamarga Jogja Solo (PT JMJ) akan mengoperasikan jalur fungsional sepanjang 13 km di Tol Solo-Yogjakarta untuk menyambut libur panjang Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Pengoperasian jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Suchandra Hutabarat mengatakan, ada batasan kecepatan bagi masyarakat yang menggunakan tol Solo – Yogyakarta. Batas kecepatannya adalah 40 km per jam.

Batas kecepatan yang kami tetapkan berdasarkan koordinasi dan keselamatan pengguna adalah 40 km per jam pada jalur fungsional kami, kata Chandra saat meninjau Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo di Solo, Rabu. 20/12/2023).

Karena ada beberapa jalan yang belum beraspal, maka batas kecepatan pun ditetapkan. Leveling adalah proses mengukur perbedaan ketinggian antara satu titik tengah dengan titik tengah lainnya.

“Karena masih sedikit daerah yang belum bertingkat, maka terjadi perbedaan ketinggian pada jembatan tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, kecepatan 40 kilometer per jam masih dinilai aman di berbagai kondisi jalan. Sebaliknya jika kecepatan mobil melebihi 40 km per jam justru dapat menimbulkan hal yang tidak menyenangkan.

“Dengan kecepatan 40 km per jam tentunya masih aman melewati situasi seperti itu. Dengan kecepatan tinggi, meski ada perbedaan ketinggian 5 sentimeter, bisa melompat,” ujarnya. .

Oleh karena itu, Jasa Marga Jogja Solo mengingatkan masyarakat untuk menaati peraturan lalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan saat menggunakan jalur fungsional Tol Solo-Jogjakarta.

“Kami mengimbau masyarakat yang masuk belakangan tetap menjaga batas kecepatan 40 km per jam,” ujarnya.

Pada tanggal 22 Desember hingga 31 Desember 2023, jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan mengoperasikan jalur satu arah sebagai berikut: GT Kolomadu Timur hingga GT Banyudono (Boyolali, tujuan Kartasura) GT Kolomadu Timur hingga GT Karanganam (Klaten, Yogyakarta ) dari GT Banyudono, keluar GT Karangana (Klaten, Yogyakarta) Dari Banyudono masuk GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa) GT Colomadu Tol (tujuan Boyolali, Kartosuro).

Selain itu, jalur fungsional satu arah yang berlaku mulai 1 Januari hingga 3 Januari 2024 antara lain: GT Karangana exit to GT Banyudono (tujuan Boyolali, Kartasura) GT Karangana masuk ke GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa) GT Banyudono exit to GT Colomadu ( tujuan tol Trans Jawa) Tol GT Colomadu (Boyolali, tujuan Kartosuro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *