Upacara Peringatan HUT RI ke 77, Moment Pemulihan Ekonomi Kerakyatan

oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (17/8/2022).

Dalam upacara ini yang menjadi Komandan Upacara adalah Kapten Laut (T) Didik Irwijanto, sedangkan yang bertindak selaku Komandan Paskibraka Letnan Dua Infanteri Bagus Aji Suryanata Kusuma, S. Sos, bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Laut (P) Suliana, SH. dan Ketua DPRD Kutim Joni, S. Sos membacakan naskah teks Proklamasi.

Sebagai Komandan Pleton Paskibraka Muhammad Alfian dari SMK Negeri 2 Sangata Utara. Sebagai Pembawa Bendera, Firda Mar Atus Solihah dari SMA Negeri 2 Sangata Utara, sedangkan Pasukan 3 Pengibar Bendera Pusaka adalah Gabriel Luis Reno Manalu dari SMK Negeri Santo Yoseph Sangata, Muhammad Arif Firmansyah dari SMK Negeri 2 Sangata Utara dan Muhammad Arif Dwi Prayoga dari SMA Negeri 2 Sangata Utara.

Upacara peringatan HUT RI ke-77 diikuti oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang, jajaran Forkopimda, Pejabat dari Perangkat Daerah serta undangan lainnya.

Usia kegiatan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan, sesuai tema pada HUT RI ke 77 tahun 2022 ini yaitu “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, artinya hal ini terkait dengan kondisi dua tahun yang sangat sulit bergerak karena Pandemi Covid 19.

” Alhamdulillah tahun ini kita mulai pemulihan atau masa transisi, walaupun kondisi pandemi masih belum selesai. Dimasa transisi ini semua pergerakan kita (Pemkab Kutim) memaksimalkan dari sisi ekonomi dengan mendorong UMKM untuk bangkit,” ujarnya.

Untuk Kutim dirinya mendorong semua kegiatan-kegiatan seperti pariwisata, olahraga dan lainnya yang dikombinasikan dengan UMKM dalam setiap acara atau event.

“Kita berikan dukung kepada UMKM, sehingga dengan momen hari kemerdekaan ini diharapkan pemulihan ekonomi kemasyarakatan bisa lebih cepat,” harap orang nomor satu Kutim ini.

Senada hal tersebut, Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyampaikan di ujung Pandemi Covid 19 ini diharapkan semuanya dapat bangkit bersama-sama, sesuai dengan tema HUT RI ke 77 tahun 2022 ini. “Harapannya agar semuanya bisa kembali bergairah, melalui momen hari kemerdekaan ini bersama-sama untuk membangun dan menggiatkan ekonomi,” ujar Kasmidi.

Sebagai ketua HUT RI dan HUT Kutim, dirinya mengatakan telah melaporkan kepada Bupati bahwa masih ada rangkaian kegiatan sampai akhir bulan (Agustus) sampai masuk pada HUT Kutim, diantaranya ada lomba gerak jalan, lomba mancing piala Bupati, sepakbola piala Bupati dan lainnya.

Selain itu Kasmidi menyampaikan, memasuki tahun kedua pemerintahan dirinya dan Bupati Ardiansyah Sulaiman, di anggaran perubahan 2022 APBD-P Kutim mengalami kenaikan.

“Insyaallah akan ada pergerakan yang masuk kesemua fasilitas-fasilitas umum, sesuai hasil Musrenbang Desa, Kecamatan dan Kabupaten sudah tercover di Bappeda tinggal di drop angggarannya,” kata ia.

Terakhir dirinya menyampaikan semua sisi akan bergerak, mulai dari Perkim, Dinas PU, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Dinas lainnya, semuanya akan disupport sesuai kemampuan keuangan daerah.

Upacara HUT RI ke 77 ini dirangkai dengan tampilan baris berbaris kreasi oleh taruna dan taruna binaan Lanal Sangatta yang disuguhkan dalam tiga pleton, yaitu Pleton Lalu Lintas, Pleton PBB dan Pleton Semaphore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.