UT Rayakan Dies Natalis ke-40, Tak Gentar Perluas Akses Pendidikan Berkualitas dengan Biaya Murah

oleh -24 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM.COM – Memperingati perjalanan empat dekade, Universitas Terbuka (UT) resmi merilis rangkaian acara Dies Natalis ke-40 dan Festival Seni Olahraga Nasional Universitas Terbuka 2024. 

Rektor Universitas Terbuka Prof. Dr. Ozhat Darozhat, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Subekti Nurmavati dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Meirani Harsasi mendedikasikan acara Senin malam (20/05/2024) untuk acara refreshing di landmark baru kampus Universitas Terbuka.

Dalam sambutannya, Prof. Ozhat Darojat mengatakan, Dies ke-40 ini menjadi momentum babak baru bagi UT, dimana mulai tahun 2022 UT akan berubah status menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH) dan lebih fokus pada pemanfaatan teknologi.

“Sebagai perguruan tinggi terdepan dalam pendidikan daring dengan jaringan teknologi yang sangat padat, UT harus selangkah lebih maju dibandingkan perguruan tinggi lainnya dalam pemanfaatan teknologi,” ujar Prof. Ojat.

Salah satu capaian UT dalam pemanfaatan teknologi modern terlihat pada portal kampus yang kini semakin modis dan serba digital. Tak hanya itu, kampus UT dengan desain baru ini memiliki dua videotron yang menyajikan berbagai informasi penting.

Saat ini diketahui jumlah mahasiswa di UT lebih dari setengah juta orang, dan targetnya adalah mencapai satu juta mahasiswa pada tahun 2025. Prof. Ozhat mengatakan UT tidak akan mengorbankan kualitas dalam mencapai tujuannya meningkatkan jumlah mahasiswa.

“Satu-satunya pilihan kami adalah kualitas. “Dengan kemajuan yang telah kita capai dan kemajuan baru yang kita capai saat ini, kita dapat melihat bagaimana UT telah berkembang menjadi masyarakat masa kini,” ujarnya.

Tidak ada kenaikan UKT

Tahun ini, Prof. Ojat, UT juga akan memperkuat pelayanan yang baik kepada mahasiswa, termasuk tidak menaikkan biaya UKT. Seperti diketahui, pemberitaan kenaikan tarif UKT di beberapa perguruan tinggi menjadi perbincangan saat ini.

Komitmen UT sebagai solusi untuk memperoleh kesempatan yang sama bagi setiap elemen masyarakat dalam mengakses pendidikan berkualitas di perguruan tinggi tanpa perlu khawatir akan kendala ekonomi.

“UT berjanji tidak akan menaikkan biaya UKT, kalaupun jumlah mahasiswanya bertambah, UKT UT bisa saja turun. Karena saya yakin belanja UT secara keseluruhan akan meningkat seiring bertambahnya populasi mahasiswa. “Biaya koreksi otomatis akan terus menurun, mendekati nol,” jelas Profesor Ozhat.

Berbagai kegiatan untuk memamerkan prestasi Anda

Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-40, UT kembali menggelar debat ilmiah bertajuk Pekan Olahraga dan Seni Nasional (DISPORSENI). Acara ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga September 2024 dengan mengusung tajuk “Olahraga, Kreativitas, dan Harmoni Mental”.

Sebagai ajang unjuk prestasi, diadakan 13 (tiga belas) perlombaan dan kompetisi. Olimpiade Sains, Olimpiade Ekonomi, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Debat Hukum dan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Lomba Bola Basket, Lomba Tenis Meja dan Lomba Catur Online, Lomba Tari, Lomba Suara, Lomba Edukasi TikTok Quran. , dan Kompetisi Stand Up Comedy. 

DISPORTSENI Nasional UT 2024 bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang sains, olah raga dan seni, serta menjadi wadah pencarian talenta terbaik serta pembinaan bakat dan minat mahasiswa.

Tidak hanya mahasiswa UT yang mengikuti acara tahunan ini, namun mahasiswa dari universitas lain dan mahasiswa SMA/K/sederajat di seluruh pulau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *