Wabup Kutim Resmikan Gedung TPA Darul Ulum di Kecamatan Muara Wahau

oleh -82 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

Muara Wahau, Wabup Kutim Resmikan Gedung TPA Darul Ulum di Kecamatan Muara Wahau – Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Dr H Kasmidi Bulang ST MM meresmikan gedung TPA Darul Ulum di Desa Persiapan Jabdan Kecamatan Muara Wahau Kab. Kutim, Rabu (16/2/2023).

Selama delapan tahun TPA Darul Ulum telah beroperasi, peserta didik yang awal mula hanya 30 orang saja belajar di TPA ini, seiring berjalannya waktu kini sudah ada sekitar 70 orang lebih yang mendaftarkan diri untuk menimbah ilmu agama, sehingga ada dua lokal yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kutim menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Kutim sangat berterimakasih kepada pimpinan, pengurus, dan masyarakat Jabdan Kecamatan Muara Wahau karena telah selesai membangun gedung TPA Darul Ulum ini.

Pemotongan pita sebagai tanda peresmian gedung TPA Darul Ulum Muara Wahau oleh Wabup Kasmid Bulang

“Pemerintah kabupaten Kutim memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh instansi dan masyarakat yang telah bahu-membahu melaksanakan kegiatan pembangunan TPA Darul Ulum. Semoga dapat menjadi ladang pahala untuk kita semua dan semoga rumah tahfidz ini memberikan sumbangsih untuk anak-anak penghafal Al-Quran serta bisa memahami isi kandungan Al-Quran,” kata orang nomor dua di Kutim ini.

Selain itu juga, kata Kasmidi sapaan akrab Wabup Kutim dengan adanya TPA tersebut maka anak-anak akan terhindar dari pergaulan-pergaulan yang negatif seperti narkoba dan lainnya. Karena menurut dia dengan adanya TPA tersbut tidak ada waktu lagi yang free (red. bebas) sehingga lebih fokus untuk belajar Al-Quran.

Saat ditanya mengenai kendala yang dibutuhkan berkaitan dengan bangunan TPA Darul Ulum, para pengurus TPA dan masyarakat menyebutkan untuk bangunan itu masih belum representatif untuk menampung santri yang jumlahnya terus bertambah. Berkaitan dengan hal tersebut Wabup Kutim langsung berinisiatif untuk membelikan sebidang tanah seharga 30 juta rupiah dari kocek pribadinya disekitar Desa Jabdan, untuk dibangun lagi gedung TPA Darul Ulum yang lebih representatif, sehingga dapat menampung semua santri Darul Ulum.

Wabup Kasmidi foto bersama dengan para pengurus dan santri TPA Darul Ulum

Wabup Kutim Resmikan Gedung TPA Darul Ulum di Kecamatan Muara Wahau

Sementara itu, Kepala TPA Darul Ulum Siti Jubaidah mengatakan, TPA yang diasuhnya ini dibangun dengan niat yang baik demi kemajuan generasi penerus. Terutama para santri di desa Jabdan Kecamatan Muara Wahau.

“TPA Darul Ulum dibangun dengan dasar niat yang ikhlas, pendirian TPA Darul Ulum diawali dari tahun 2015 di Mushola Darul Muttaqim dan pada tahun 2017 TPA ini pindah kerumah kecil saya. Sampai dengan saat ini terdapat kurang lebih 70 santriwan dan santriwati, yang berusia mulai dari 5 tahun sampai dengan 14 tahun,” Ujar Siti Jubaidah.

Lanjut Siti, untuk pembangunan TPA Darul Ulum tersebut dimulai pada tahun 2021 dan pada tahun 2023 berkat swadaya serta sumbangan dari masyarakat Jabdan, akhirnya berhasil didirikan bangunan baru TPA Darul Ulum. (*)

Post Views: 43

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *