Wajah Baru Bukit Pandang Dengan Monumen Tambang

oleh

SANGATTA, KUTIM POST Wajah baru Bukit Pandang dengan monumen tambang. Untuk warga Kutai Timur, terlebih masyarakat Sangatta, tentu tidak asing lagi dengan taman yang ada di perkantoran bupati Kutim ini.

Saat hari libur menjadi salah satu destinasi wisata keluarga, dengan panorama laut dari atas bukit dan suasana sore hari yang begitu eksotis.

Namun, untuk tiga bulan kedepan, masyarakat harus sedikit bersabar dengan penutupan area yang kini dalam tahap renovasi.

Kutai Timur adalah salah satu kabupaten penghasil batu bara terbesar ketiga di Indonesia, setelah Bukit Asam, dan Kideco Jaya Agung.

Untuk memperkenalkan dunia tambang ke masyarakat sekaligus edukasi, Pemkab Kutim bekerja sama dengan PT KPC, memajang Dump Truck merk Liebherr T 282 B, di taman Bukit Pandang.

Wajah Baru Bukit Pandang Dengan Monumen Tambang

Wajah Baru Bukit Pandang Dengan Monumen Tambang
Proses pemindahan Dump Truck merk Liebherr T 282 B, dari area tambang PT KPC ke Taman Bukit Pandang.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan, monumen tambang ini sebagai media untuk memperkenalkan Kutai Timur secara luas.

“Bisa saja anak-anak kita yang sekolah di STM datang kesini, dan ini menjadi media untuk memperkenalkan Kutai Timur ke luar,” tuturnya.

Terkait pemilihan tempat, Kasmidi menjelaskan, sebelumnya Folder Ilham Maulana menjadi tempat untuk monumen, namun karena kondisi tanah tidak stabil.

“Sebelumnya, kita pernah melakukan peletakan batu pertama di Folder oleh bapak bupati yang lama yaitu Pak Ismunandar pada saat itu. Namun setelah kita kaji dan penelitian, di kedalaman 30 meter pun kita belum dapat tanah yang keras sebagai penompang,” jelasnya.

“Artinya apa, tanah tersebut sangat labil dan kita tahu Folder itu rawa yang ditimbun, berbeda disini (Bukit Pandang),” lanjut Kasmidi.

Dengan hadirnya wajah baru Bukit Pandang, tentu akan menambah tempat wisata baru untuk masyarakat Kutai Timur.

Kata Kunci : Wajah Baru Bukit Pandang Dengan Monumen Tambang