Wamen BUMN Apresiasi Satgas Nataru Pertamina Dalam Menjaga Kelancaran Distribusi Energi

oleh -31 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Wakil Perdana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo bersama CEO PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau kesiapan Terminal Terpadu Jakarta (ITJ) di Plumpang, Tanjung Priok dan keamanan distribusi energi. , sebelum tahun baru.

Wakil Menteri Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan melalui Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Pertamina menjamin energi tersedia bagi masyarakat di Indonesia, khususnya saat libur Natal.

“Kami sedang mengkaji kesiapan dan keandalan distribusi, serta sumber daya Pertamina khususnya untuk pengisian bahan bakar di wilayah Jabodetabek,” jelas Wamenteri Tiko saat berkunjung ke Terminal Terpadu Jakarta, Jumat (29/12).

Selain itu, Wamen BUMN juga menjelaskan produksi migas Pertamina telah mencapai lebih dari satu juta barel per hari (setara minyak) untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Pemerintah, lanjutnya, mengapresiasi upaya Pertamina Group dalam menjaga distribusi BBM nasional dan meminta agar penyalurannya dilihat sesuai tujuan penyaluran dengan menjamin efisiensi operasional.

Mohon terus dicek dan dipastikan berjalan dengan baik. Terima kasih kepada seluruh tim yang bekerja keras, terutama atas integritas berharga yang terus dijaga, ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan, Satgas Pertamina Nataru yang beroperasi sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 berjalan lancar. Kebutuhan BBM dan LPG dalam negeri, kata Nicke, tercukupi dengan baik.

Nicke mengatakan, “Pertamina akan terus memastikan secara sistematis bahwa kami menjaga segala sesuatunya, menjaga kualitasnya, sehingga kenyamanan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru dapat terjamin,” kata Nicke.

CEO PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan menambahkan, sebelum Satgas Nataru dimulai, Pertamina bergabung dengan Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan kebutuhan dalam negeri. Untuk itu, Pertamina menerapkan strategi distribusi untuk memenuhi peningkatan konsumsi minyak.

“Berdasarkan prakiraan kenaikan konsumsi pada masa Satgas Nataru, Pertalite akan naik 3%, Pertamax dan bahan bakar lainnya secara umum naik 7-10%. Sedangkan LPG berharap bisa menyamai,”

Selain itu, kata Riva, Pertamina juga menyediakan layanan energi lainnya di kawasan yang bisa berfungsi atau jalan seperti jalan tol, jalan wisata dan jalan tol, berupa SPBU Siaga, Agen & Outlet LPG Siaga, Kios Siaga Pertamina, Sopir . , kendaraan pendukung tangki (bahan bakar rendah), dan berbagai fasilitas medis dan pendukung lainnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke ITJ, Wakil Menteri Tiko juga mendorong rencana Pertamina membangun pembangkit energi paling ramah lingkungan di Indonesia, yakni Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT). JIGT ini akan dibangun di kawasan Kalibaru oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Pelindo (Persero).

“Dalam jangka panjang, Pertamina akan memindahkan pusat daur ulang ke Kalibaru secara bertahap. Kawasan ini akan menjadi pusat energi bahan bakar dan energi lainnya di wilayah Jabodetabek,” kata Tiko.

CEO PT Pertamina International Ekspor Yoki Firnandi menegaskan progres pembangunan JIGT terus berjalan dengan banyak perkembangan.

“Semua progresnya masih berjalan, kalau akhir tahun depan tidak ada kendala, baru bisa kita mulai proyeknya,” ujarnya.

JIGT ini merupakan komitmen Pertamina terhadap fleksibilitas energi, dimana kedepannya JIGT tidak hanya menerima bahan bakar seperti LPG, BBM, bensin dan Biodiesel. Namun dirancang untuk menampung LNG (gas alam cair), CPO (minyak bumi), UCO (bahan bakar minyak habis pakai), petrokimia, dan hidrogen.

Kali ini Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution, Direktur Pendukung Bisnis Pertamina Erry Widiastono, dan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Riva Siahaan serta Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi. juga datang bersamaan dengan kunjungan tersebut.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *