WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil, Kini Lebih Gampang Upload Status

oleh -74 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu perkembangan terbaru adalah pengenalan saluran, yang kini dikelompokkan bersama dengan Pembaruan Status di tab Pembaruan khusus.

Untuk memudahkan pengguna membuat status, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp sedang menguji desain ulang lainnya di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke menu tiga titik di pojok kanan atas.

Desain baru bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses tombol-tombol penting, terutama bagi yang sering mengunggah Status WA.

Meskipun perubahan ini mungkin memberikan kenyamanan bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga sedang menguji metode akses alternatif untuk tombol gambar dan teks/suara di pembaruan Status WA.

Saat ini, Floating Action Button (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit diakses dan terasa janggal.

Oleh karena itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah ini. Dua ikon baru kini akan muncul di sebelah header Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan.

Mengutip Android Police, Senin (18/12/2023), kehadiran Channel yang terintegrasi dengan status bar mungkin akan bertentangan dengan fitur tersebut, terutama dari segi desain antarmuka.

Oleh karena itu, pada versi beta terbarunya untuk Android, WhatsApp juga memperkenalkan desain ulang yang bertujuan untuk menggunakan fitur Channels secara lebih efektif.

Perlu diketahui bahwa perubahan ini masih dalam versi beta dan belum diketahui kapan akan diluncurkan ke versi stabil aplikasi WhatsApp.

Di sisi lain, baru-baru ini platform perpesanan Meta mengumumkan fitur baru di aplikasinya yaitu kemampuan untuk menyematkan pesan.

Dengan bantuan pesan yang disematkan, pengguna WhatsApp dapat lebih mudah menyorot percakapan penting dalam obrolan grup atau individu.

Pengguna tidak hanya dapat menambahkan teks, tetapi juga jenis pesan lain seperti permintaan, gambar, emoji, dan lainnya, yang semuanya akan tetap terenkripsi secara end-to-end.

“Ini membantu pengguna menghemat waktu untuk menemukan postingan relevan dengan lebih mudah,” kata platform Meta dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2023). Cara Menyematkan Pesan WhatsApp

Cara menyematkan pesan atau menyematkan pesan di WhatsApp: Untuk “Menyematkan” pesan, Anda dapat menekan lama pada pesan tersebut lalu memilih “Sematkan” dari menu konteks. Akan muncul banner untuk memilih durasi pesan yang ditentukan, yang dapat dipilih antara 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 7 hari adalah opsi default. Dalam obrolan grup, admin memiliki opsi untuk memilih apakah semua anggota atau hanya admin yang dapat memposting pesan.

Ini adalah fitur baru WhatsApp yang dirilis setelah mereka merilis beberapa fitur baru di platform sebelumnya.

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan fitur barunya – tampilan satu kali untuk pesan suara.

Fitur One View milik WhatsApp untuk foto dan video akan hadir pada tahun 2021. Namun, fitur privasi ini kini telah diperluas ke pesan suara juga.

Dengan fitur ini, pesan suara yang dikirim pengguna hanya bisa dibuka satu kali, lalu langsung hilang setelah didengarkan.

“Baik Anda membagikan informasi kartu kredit Anda kepada teman atau merencanakan kejutan, kini Anda dapat berbagi informasi penting melalui pesan suara tanpa khawatir,” tulis WhatsApp dalam pengumumannya.

Selain itu, mengutip siaran persnya, Minggu (10/12/2023), pesan suara platform Meta messenger One View juga akan ditandai sebagai “satu kali” dan hanya akan diputar satu kali.

“Seperti semua pesan pribadi Anda, WhatsApp selalu melindungi pesan suara dengan enkripsi end-to-end, dan fitur ‘Sekilas’ adalah contoh lain dari inovasi privasi kami yang berkelanjutan.”

Fitur baru WhatsApp ini akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari mendatang.

Seperti dikutip dari situs resminya, berikut cara membuat pesan suara WhatsApp hanya terlihat satu kali: Buka chat pribadi atau grup. Geser ke atas untuk memblokir penulisan. Tekan dan tahan untuk merekam. Klik sekali pada tampilan dengan simbol angka “1” di dalam lingkaran. Saat ikon ini berubah menjadi hijau, Anda berada dalam mode tampilan tunggal. Ketuk Kirim.

Jika tanda terima telah dibaca penerima diaktifkan, Anda akan melihat tab “Dibuka” di obrolan saat mereka membuka media atau pesan suara Anda.

Buka pesan media atau suara dalam satu tampilan di WhatsApp Ketuk pesan dalam satu tampilan. Lihat gambar, video atau dengarkan pesan suara. Geser atau ketuk lagi untuk keluar dari penampil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *