XL Axiata Pastikan Kesiapan Layanan Jelang Liburan Nataru 2024, Tingkatkan Kapasitas 2 Kali Lipat

oleh -45 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Bandung – XL Axiata memastikan jaringannya siap menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 2024.

Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata memperkirakan trafik penumpang akan meningkat 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan rata-rata trafik penumpang pada hari biasa dan sekitar 20% dibandingkan trafik Natal lalu.

Menurut perkiraan XL Axiata, peningkatan trafik ini disebabkan semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan berbagai layanan digital, terutama pada libur panjang.

Pelanggan juga semakin diharapkan untuk mengirimkan konten video atau foto, termasuk akses konten streaming seperti video, musik, dan game.

Tak hanya itu, pelanggan diharapkan dapat menggunakan media sosial secara luas selama libur Natal.

Corporate Affairs President XL Axiata Marwan O. Baasir mengatakan, persiapan tersebut dilakukan mengingat aktivitas liburan masyarakat yang sebelumnya dibatasi akibat pandemi kini sudah kembali normal.

Dalam pertemuan dengan awak media di Bandung, Senin, 18 Januari 2023, ia mengatakan, “Karena setelah pandemi, masyarakat sekarang sangat ingin berlibur. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang ingin jalan-jalan, berlibur. .”).

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan tahun 2023, potensi jumlah pendatang diperkirakan sekitar 107,63 juta orang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL Axiata bersiap meningkatkan kapasitas jaringannya hingga 2 kali lipat dari kapasitas normalnya.

Persiapan jaringan antara lain peningkatan kapasitas di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi serta optimalisasi destinasi wisata dan jalur transportasi darat (berbayar dan gratis). Kemudian ikuti jalur kereta, termasuk kereta ekspres.

Tim teknis XL Axiata juga memperkirakan pergerakan manusia secara signifikan akan terkonsentrasi pada jalur pulang melalui Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera. Skenario ini disebut berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20%.

XL Axiata juga mengidentifikasi kota-kota dengan lalu lintas padat, termasuk destinasi wisata dan pusat keramaian, serta tempat-tempat yang sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Operator (sama seperti Blue) menyiapkan rencana rekayasa jaringan, termasuk penempatan armada stasiun pangkalan bergerak (MBTS), jika terjadi kemacetan lalu lintas di suatu lokasi. Rekayasa jaringan dilakukan dengan routing atau perutean lalu lintas ketika terjadi kemacetan di suatu area tertentu sehingga puncak lalu lintas tidak berdampak pada kualitas layanan pelanggan.

Sekitar 57 MBTS siap dikerahkan di berbagai lokasi yang membutuhkan dukungan peningkatan sinyal. Hal ini termasuk jalur transportasi utama, tempat wisata, pusat keramaian, terminal bus, stasiun kereta api dan bandara.

XL Axiata juga mengoptimalkan jaringan konvergensi fixed-mobile dengan meningkatkan kapasitas. Sebab trafik diperkirakan 21 persen lebih banyak dari biasanya.

Saat ini terdapat lebih dari 235.000 pelanggan layanan rumah. Hal ini seiring dengan semakin meluasnya jaringan fiber XL SATU yang kini telah mencapai 2 juta home pass di lebih dari 75 kota/wilayah, termasuk penambahan lebih dari 12 kota/wilayah baru dalam tiga bulan terakhir.

Kota-kota yang diperkirakan akan mengalami peningkatan lalu lintas juga menjadi tujuan liburan populer seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

Lalu lintas juga diperkirakan meningkat di wilayah yang mayoritas umat Kristiani merayakan Natal, seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Di musim liburan kali ini, XL Axiata juga bersiap menghadapi bencana yang tidak terduga seperti banjir, gempa bumi, dan tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan matinya listrik BTS. Untuk itu, tim akan bertugas 24 jam sehari selama periode ini.

Dari sisi layanan pelanggan, XL Axiata juga melayani sekitar 550 personel layanan kontak pelanggan melalui layanan call center dan layanan pemeliharaan digital. Layanan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tak hanya itu, di beberapa kota, khususnya XL Center yang berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall juga tetap buka pada periode Natal dan Tahun Baru.

(rentetan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *